Rabu, 05 September 2018

Tes Tingkat urin hCG

Apa itu tes urin hCG?

Tes urin chorionic gonadotropin (hCG) manusia adalah tes kehamilan. Plasenta wanita hamil menghasilkan hCG, juga disebut hormon kehamilan. Jika Anda hamil, tes biasanya dapat mendeteksi hormon ini dalam urin Anda sekitar 10 hari setelah periode pertama Anda yang terlewat. Ini adalah ketika telur yang dibuahi menempel pada dinding rahim.

Selama 8 hingga 10 minggu pertama kehamilan, kadar hCG biasanya meningkat sangat cepat. Tingkat ini mencapai puncaknya pada sekitar minggu ke 10 kehamilan, dan kemudian mereka berangsur menurun hingga melahirkan.

Tes urin jenis ini biasanya dijual dalam kit yang dapat Anda gunakan di rumah. Ini sering disebut sebagai tes kehamilan di rumah.
Apa kegunaan dari tes urin hCG?

Tes urin hCG mengkonfirmasi kehamilan sekitar satu sampai dua minggu setelah periode yang terlewat. Ini adalah tes kualitatif, yang berarti akan memberitahu Anda apakah ia mendeteksi hormon hCG dalam urin Anda. Ini tidak dimaksudkan untuk mengungkapkan kadar hormon tertentu. Kehadiran hCG dalam urin Anda dianggap sebagai tanda positif kehamilan.
Apakah ada risiko yang terkait dengan tes ini?

Satu-satunya risiko yang terkait dengan tes urin hCG melibatkan mendapatkan hasil positif palsu atau negatif palsu. Hasil positif palsu menunjukkan kehamilan meskipun tidak ada. Jarang, tes ini dapat mendeteksi jaringan abnormal, bukan kehamilan, yang memerlukan tindak lanjut oleh dokter. Hasil ini jarang terjadi karena biasanya hanya ibu hamil yang memproduksi hormon hCG.

Ada risiko lebih tinggi mendapatkan hasil negatif palsu. Jika Anda mendapatkan hasil negatif palsu, dalam hal ini tes mengatakan Anda tidak hamil tetapi Anda benar-benar, Anda mungkin tidak mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk memberi bayi yang belum lahir Anda kemungkinan awal yang terbaik. Hasil tersebut dapat terjadi lebih sering pada awal kehamilan atau jika urin terlalu encer untuk mendeteksi hCG.
Bagaimana cara mempersiapkan tes urin hCG?

Tidak ada persiapan khusus yang diperlukan untuk mengambil tes urin hCG. Anda dapat memastikan hasil yang paling akurat dengan perencanaan sederhana.

Jika Anda melakukan tes kehamilan di rumah, Anda harus melakukan hal berikut:

    Bacalah dengan cermat instruksi yang termasuk dalam alat tes Anda sebelum mengumpulkan sampel urin Anda.
    Pastikan tanggal kedaluwarsa tes belum berlalu.
    Cari nomor bebas pulsa produsen pada paket, dan hubungi jika Anda memiliki pertanyaan tentang menggunakan tes.
    Gunakan urine pagi pertama Anda satu hingga dua minggu setelah periode pertama Anda yang terlewat.
    Jangan minum banyak cairan sebelum mengumpulkan sampel urin Anda karena ini dapat melemahkan kadar hCG dan membuat mereka sulit dikenali.

Diskusikan obat apa pun yang Anda gunakan bersama apoteker atau dokter untuk mengetahui apakah mereka dapat memengaruhi hasil tes urin hCG.

Diuretik dan antihistamin yang disebut promethazine dapat menyebabkan hasil negatif palsu, yang berarti mereka dapat menunjukkan bahwa Anda tidak hamil saat Anda hamil.

Antikonvulsan, obat-obatan untuk penyakit Parkinson, hipnotik, dan obat penenang dapat menyebabkan hasil positif palsu, menunjukkan bahwa Anda hamil saat tidak hamil.
Bagaimana tes urin hCG dilakukan?

Anda dapat mengambil tes urin hCG di kantor dokter Anda atau di rumah dengan tes kehamilan di rumah. Keduanya akan membutuhkan pengumpulan sampel urin. Tes urin hCG yang dilakukan di rumah mirip dengan tes yang dilakukan dokter Anda. Keduanya memiliki kemampuan yang sama untuk mendeteksi hCG dalam urin Anda.

Kebanyakan tes urine hCG dijual untuk pengujian rumah mengikuti prosedur serupa untuk pengujian yang akurat. Meskipun Anda harus secara hati-hati mengikuti instruksi yang disertakan bersama perangkat Anda, proses biasanya mengikuti langkah-langkah berikut:

    Tunggu satu hingga dua minggu setelah periode pertama Anda yang terlewat untuk mendapatkan hasil yang paling akurat. Periode tidak teratur atau salah perhitungan ketika suatu periode jatuh tempo dapat mempengaruhi tes Anda. Faktanya, 10 hingga 20 persen wanita hamil tidak dapat mendeteksi kehamilan mereka dengan menguji pada apa yang mereka yakini sebagai hari pertama dari periode pertama mereka yang terlewat, menurut US Food and Drug Administration (FDA).
    Rencanakan untuk menggunakan tes saat pertama kali Anda buang air kecil setelah bangun tidur. Urin ini adalah yang paling pekat dan akan mengandung kadar hCG tertinggi pada hari itu. Urin Anda encer saat Anda minum cairan, jadi kadar hCG mungkin lebih sulit diukur di kemudian hari.
    Untuk beberapa tes kehamilan di rumah, Anda akan memegang stik indikator langsung di aliran air kencing hingga basah, yang seharusnya memakan waktu sekitar lima detik. Perlengkapan lain mengharuskan Anda mengumpulkan urine dalam cangkir dan kemudian celupkan stik indikator ke dalam cangkir untuk mengukur kadar hormon hCG.
    Tes kehamilan di rumah biasanya termasuk indikator yang menunjukkan apakah tes dilakukan dengan benar. Misalnya, itu akan menunjukkan apakah ada cukup urin pada tongkat untuk mendapatkan hasil yang akurat. Jika indikator kontrol tidak aktif selama pengujian Anda, hasilnya mungkin tidak akurat.
    Untuk sebagian besar tes, hanya diperlukan sekitar 5 hingga 10 menit untuk hasil yang muncul. Biasanya, garis berwarna atau simbol plus akan muncul di test stick untuk menunjukkan hasil positif. Tidak adanya garis berwarna atau tanda negatif biasanya menunjukkan hasil negatif.

Apa hasil dari tes urin hCG artinya?

Keakuratan hasil tes urin hCG Anda akan tergantung pada kemampuan Anda untuk mengikuti instruksi kit tes secara ketat. Jika Anda memiliki hasil negatif, Anda harus mempertimbangkan hasil ini menjadi tidak pasti, karena mereka mungkin menunjukkan negatif palsu. Sampai Anda yakin bahwa Anda tidak hamil, Anda harus berhati-hati dan menghindari melakukan apa pun yang dapat menyakiti janin yang sedang berkembang. Merokok, menggunakan alkohol, dan minum obat tertentu dapat membahayakan bayi Anda di awal kehamilan.

Hasil negatif palsu dapat terjadi setelah hal-hal berikut:

    menggunakan sampel urin yang dikumpulkan setelah urin pagi pertama Anda
    mengikuti tes sebelum ada cukup hCG untuk menghasilkan hasil yang positif
    salah menghitung waktu periode terjawab Anda

Jika Anda memiliki hasil negatif, Anda harus mengulang tes dalam waktu sekitar satu minggu untuk memastikan tidak adanya kehamilan. Jika Anda yakin tes menunjukkan negatif palsu dan bahwa Anda hamil, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda. Mereka dapat melakukan tes darah hCG, yang lebih sensitif terhadap kadar hormon hCG yang lebih rendah daripada tes urin hCG.

Jika Anda memiliki hasil positif, itu berarti bahwa tes mendeteksi hCG dalam urin Anda. Langkah selanjutnya Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda. Mereka dapat mengkonfirmasi kehamilan dengan ujian dan pengujian tambahan, jika perlu. Mendapatkan perawatan prenatal di awal kehamilan Anda memberi bayi Anda peluang terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat sebelum dan sesudah kelahiran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar