Rabu, 05 September 2018

Berapa Banyak Darah yang Anda Kalah pada Periode Anda?

Secara luas diterima bahwa rata-rata orang kehilangan antara 30 dan 40 mililiter, atau dua hingga tiga sendok makan, selama menstruasi. Tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa angka ini sebenarnya mungkin lebih dekat dengan 60 mililiter, atau sekitar 4 sendok makan.

Rentang kehilangan darah "normal" lebar, sehingga beberapa orang mungkin memiliki periode yang lebih ringan atau lebih berat daripada yang dianggap biasa-biasa saja. Jika Anda tidak mengalami kram berat, mual, atau efek samping lain, jumlah kehilangan darah individu Anda mungkin normal.

Jika Anda ingin mencari tahu di mana Anda jatuh pada spektrum menstruasi, baca terus. Kami akan memandu Anda melalui cara menghitung kehilangan darah bulanan Anda, gejala yang harus diwaspadai, dan kapan untuk menemui dokter Anda.
Bagaimana Anda bisa tahu berapa banyak Anda benar-benar berdarah?

Anda mengeluarkan lebih dari sekadar darah saat menstruasi. Cairan menstruasi Anda juga mengandung campuran lendir dan jaringan uterus, yang dapat menambah volume cairan Anda secara keseluruhan. Itulah yang membuat pengukuran kehilangan darah menjadi rumit.

Tetapi itu pasti mungkin. Produk kebersihan yang Anda gunakan dapat membantu Anda mendapatkan perkiraan kasar dari keseluruhan aliran Anda. Dan jika Anda menginginkan laporan kehilangan darah yang akurat, matematika ada di pihak Anda.
Jika Anda menggunakan cangkir menstruasi

Salah satu cara termudah untuk mengukur kehilangan cairan adalah dengan cangkir menstruasi. Anda tidak harus berurusan dengan masalah penyerapan. Beberapa cangkir bahkan menyertakan tanda volume untuk kemudahan membaca.

Bergantung pada merek dan tipe, cangkir menstruasi Anda dapat menampung 30-60 mililiter setiap kali. Jika cangkir Anda tidak memiliki tanda volume, Anda dapat meneliti situs web pabrikan untuk mengetahui lebih lanjut.

Ketika saatnya untuk mengosongkan cangkir Anda, catat berapa banyak cairan yang dikandungnya. Anda dapat merekam ini sebagai catatan di ponsel Anda atau menyimpan catatan. Kemudian kosongkan, cuci, dan masukkan kembali seperti biasa.

Lanjutkan untuk memperbarui log Anda untuk tiga atau empat periode berikutnya. Ini akan memberi Anda cukup data untuk menentukan rata-rata kehilangan menstruasi Anda per hari dan per minggu.

Anda mungkin menemukan bahwa seluruh kerugian periode Anda lebih dari 60 mililiter. Itu karena jaringan, lendir, dan lapisan rahim menambah volume aliran Anda.
Jika Anda menggunakan tampon, bantalan, atau pakaian dalam periode

Ini sedikit lebih sulit untuk mengukur total kehilangan menstruasi saat Anda menggunakan tampon absorben, bantalan, atau pakaian dalam periode, tetapi hal itu bisa dilakukan.

Pertama, pertimbangkan kapasitas yang direndam sepenuhnya. Tampon biasa, misalnya, tahan 5 mililiter cairan. Tampan super menggandakan itu.

Jika Anda kehilangan 60 mililiter selama menstruasi Anda, Anda bisa merendam 6 sampai 12 tampon tergantung pada ukuran yang Anda gunakan. Jika Anda kehilangan setengahnya, kemungkinan Anda akan menggunakan lebih sedikit.

Anda dapat menyimpan catatan untuk membantu Anda mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang berapa banyak kerugian yang Anda alami. Anda harus mencatat:

    produk apa yang Anda gunakan dan ukurannya
    seberapa sering Anda harus mengubahnya
    seberapa penuh itu ketika Anda mengubahnya

Mencatat info ini untuk tiga atau empat periode berikutnya akan memberi Anda cukup data untuk menghitung perkiraan yang masuk akal.

Jika Anda dapat membantu, hindari sepenuhnya perendaman produk penyerap. Mendorong tampon atau produk lain ke batasnya dapat menyebabkan kebocoran atau efek samping yang tidak diinginkan. Aturan umum adalah mengubah tampon, bantalan, dan pakaian dalam setiap empat jam.
Jika Anda ingin menghitung kandungan darah yang sebenarnya

Pertama, penting untuk memahami satu elemen penting dari aliran menstruasi: Anda tidak hanya kehilangan darah.

Satu studi menemukan bahwa aliran periode adalah 36 persen darah dan 64 persen elemen lainnya, seperti:

    tisu
    lapisan rahim
    lendir
    pembekuan darah

Dengan mengingat hal ini, Anda dapat mengalikan kerugian total Anda sebesar 0,36 untuk menentukan perkiraan jumlah darah yang hilang. Mengurangi angka ini dari total kerugian Anda akan memberi Anda jumlah materi lainnya.

Misalnya, jika Anda mengumpulkan 120 mililiter cairan menstruasi, kalikan dengan 0,36 untuk mendapatkan kehilangan darah total 43,2 mililiter. Itu berada dalam kisaran "normal" 30 hingga 60 mililiter.

Jika Anda mengurangi 43,2 mililiter dari 120 mililiter, Anda menemukan bahwa aliran menstruasi Anda mengandung 76,8 mililiter komponen lain.

Kapan pendarahan dianggap berat? | Kapan pendarahan dianggap berat?

Beberapa pedoman mengatakan suatu periode "berat" ketika Anda kehilangan 60 mililiter darah; yang lain menempatkan angka lebih tinggi, mendekati 80 mililiter.

Pendarahan berat, atau menorrhagia, tidak selalu memprihatinkan. Perawatan biasanya tidak diperlukan kecuali itu mengganggu kehidupan sehari-hari Anda atau Anda mengalami gejala lain.

Temui dokter Anda jika Anda:

    rendam melalui satu atau lebih tampon, bantalan, atau cangkir per jam selama beberapa jam
    perlu menggunakan perlindungan ganda, seperti tampon dan pad, untuk mencegah bocor
    berdarah selama lebih dari tujuh hari
    berikan bekuan darah lebih dari seperempat
    harus membatasi aktivitas harian karena menstruasi Anda
    pengalaman, kelelahan, sesak napas, atau tanda-tanda anemia lainnya.

Apa yang menyebabkan pendarahan hebat?

Jika aliran menstruasi Anda secara konsisten berat, mungkin itu pertanda kondisi yang mendasarinya atau hasil dari obat yang Anda minum. Anda biasanya akan mengalami gejala lain selain pendarahan hebat. Inilah yang harus diperhatikan.
Perangkat Intrauterine (IUD)

IUD adalah alat kontrasepsi implan. Anda mungkin mengalami pendarahan hebat, kram, dan nyeri punggung selama beberapa hari pertama setelah insersi. Periode bulanan Anda mungkin lebih berat, lebih lama, atau tidak teratur untuk 6 bulan pertama.
Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

PCOS adalah kondisi hormonal yang umum. Ini mempengaruhi bagaimana ovarium Anda bekerja dan dapat menyebabkan kenaikan berat badan, menstruasi tidak teratur, dan pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan di wajah, dada, lengan, punggung, dan perut.
Endometriosis

Endometriosis terjadi ketika jaringan yang biasanya tumbuh di dalam rahim Anda mulai tumbuh di luar rahim Anda. Hal ini dapat menyebabkan perdarahan antar periode, nyeri panggul umum, dan nyeri saat berhubungan seks.
Penyakit radang panggul (PID)

PID adalah infeksi di rahim, saluran telur, atau indung telur. Dapat menyebabkan pendarahan tidak teratur selama atau di antara periode, sakit perut yang parah, dan buang air kecil yang menyakitkan.
Fibroid

Tumor nonkanker ini berkembang di otot rahim Anda. Mereka juga dapat menyebabkan rasa sakit di punggung bawah dan perut, kesulitan mengosongkan kandung kemih, dan sembelit.
Polip

Seperti fibroid, polip adalah pertumbuhan non-kanker yang berkembang di dinding rahim atau leher rahim Anda. Mereka mencegah otot rahim berkontraksi, yang mencegah lapisan uterus dari penumpahan dengan benar. Hal ini dapat menyebabkan perdarahan antar periode, periode lebih pendek atau lebih lama, dan ketidakteraturan menstruasi lainnya.
Adenomiosis

Pada orang dengan adenomiosis, jaringan uterus melekatkan diri ke dinding rahim Anda daripada mengelupas dengan aliran menstruasi. Selain berat, periode yang berkepanjangan, ini dapat menyebabkan pembekuan darah besar, nyeri panggul umum, dan nyeri saat berhubungan seks.
Hypothyroidism

Jika tiroid Anda kurang aktif, maka tidak menghasilkan cukup hormon untuk mengatur semua fungsi tubuh dengan benar. Ini dapat mempengaruhi menstruasi, serta menyebabkan kenaikan berat badan dan sensitivitas suhu yang tidak dapat dijelaskan.
Gangguan pendarahan

Gangguan pendarahan dapat mencegah darah Anda dari pembekuan. Hal ini dapat menyebabkan menstruasi berat, perdarahan hebat setelah luka atau goresan, mimisan yang tidak dapat dijelaskan, dan sering memar.
Obat-obatan tertentu

Obat antikoagulan juga mencegah pembekuan darah. Ini dapat menyebabkan memar mudah, gusi berdarah, dan tinja hitam atau berdarah. Hal yang sama berlaku untuk obat-obatan kemoterapi.
Coba ini: 5 tips untuk meredakan gejala

Jika berurusan dengan gejala tidak teratur, Anda mungkin merasa terbantu untuk:
Menyimpan catatan

Jika Anda menduga Anda mengalami pendarahan lebih dari yang seharusnya, lacak periode Anda selama beberapa bulan. Anda bisa menggunakan aplikasi pelacak periode atau menyimpan catatan. Pastikan untuk mencatat kapan periode Anda dimulai dan berakhir, seberapa sering Anda mengganti cangkir atau produk penyerap Anda, dan apakah Anda mengalami gejala lain.
Ambil ibuprofen

Ibuprofen (Advil, Motrin) mengandung bahan yang dapat membantu mengurangi aliran darah Anda, sementara mengambil tepi dari kram Anda.
Gunakan kompres

Anda juga mungkin dapat menenangkan otot-otot yang kram dengan menggunakan bantal pemanas atau duduk di pemandian yang hangat.
Minum air

Tidak masalah apakah aliran Anda ringan atau di atas rata-rata - Anda masih kehilangan cairan. Tetap terhidrasi dapat membantu meringankan, dan dapat mencegah, gejala seperti mual dan pusing.
Makan makanan kaya zat besi

Kehilangan darah yang berat dapat menyebabkan kekurangan zat besi, yang dapat membuat Anda merasa lelah dan lesu. Untuk membantu memulihkan kadar dan meredakan gejala sebelum dan selama periode Anda, cobalah makan makanan kaya zat besi seperti:

    telur
    daging
    ikan
    Tahu
    gila
    biji
    gandum utuh

Kapan mengunjungi dokter Anda

Periode dapat berubah dari bulan ke bulan. Masa Anda mungkin berat satu bulan dan terang berikutnya tanpa alasan lain selain dari cara tubuh Anda bekerja.

Jika Anda mengalami gejala baru atau menganggap menstruasi Anda sangat berat, kunjungi dokter Anda. Jika tidak ada yang lain, dokter Anda dapat meyakinkan Anda bahwa menstruasi Anda memang normal.

Jika mereka mencurigai penyebab yang mendasari, mereka akan bekerja bersama Anda untuk mendiagnosis gejala Anda dan mengembangkan rencana perawatan yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar